POSO, KABARINSPIRASI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Poso kembali berhasil menoreh prestasi. Kali ini pemerintahan di bawah kepemimpinan Bupati Verna GM Inkiriwang ini menerima penghargaan dengan predikat Kepatuhan Tinggi Standar Pelayanan Publik tahun 2022. Penghargaan diserahkan langsung Kepala Perwakilan Ombudsman Sulteng, Iqbal Andi Magga, kepada Bupati Verna GM Inkiriwang, di ruang Pogombo Kantor Bupati Poso, Kamis (9/2). Penyerahan penghargaan disaksikan sejumlah kepala OPD, dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Poso.
Dalam sambutannya, Bupati Verna menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Ombudsman yang telah memberikan penilaian sekaligus penghargaan atas kepatuhan standar pelayanan publik tahun 2022 pada pemerintahannya. Dia pun memotivasi seluruh pimpinan OPD dan Kepala Puskesmas agar menyelenggarakan pemerintahan secara efektif, efisien, transparan, akuntabel dan bertanggung jawab sesuai prosedur dan standar operasional yang berlaku.
“Pelayanan publik menjadi tolak ukur keberhasilan pelaksanaan tugas, dan pengukuran kinerja pemerintah melalui birokrasi. Karena pelayanan publik selain sebagai penggerak utama juga dianggap penting oleh semua aktor dari unsur good governance,” jelasnya.
Bupati Verna juga menyampaikan bahwa melalui program pilar Poso Pakaroso, pemerintahannya akan terus berupaya mewujudkan pelayanan publik yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel melalui penataan kembali aparatur pemerintah daerah serta berupaya menciptakan inovasi atas pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Terkait penilaian atas kepatuhan standar pelayanan publik yang telah dilakukan Ombusdman di semua OPD Pemkab Poso hasilnya baik. Dan OPD dengan hasil nilai tertinggi yaitu Dinas Dukcapil, Dinas PTSP dan Dinas Sosial. (yan)